Senin, 05 Desember 2011

HASIL REFLEKSI DISKUSI KELOMPOK 1 dan 2

Kelompok 1 "Pengertian Dasar Ekologi Tumbuhan"

     Kelompok 1 telah menjelaskan tentang pengertian dasar ekologi tumbuhan. Sedikit sharing, bahwa ekologi tumbuhan itu merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik suatu tumbuhan dengan lingkungan ataupun tumbuhan lain yang ada disekitarnya. Kelompok ini juga menjelaskan tentang pendekatan ekologi tumbuhan yang terdiri dari Sinekologi yang meliputi sosialisasi tumbuhan, komposisi dan struktur komunitas, dll dan Autekologi yang meliputi adaptasi tumbuhan dan adaptasi tingkah laku.
Ekologi tumbuhan memiliki banyak manfaat dengan cara menerapkannya diberbagai bidang, antara lain:
1. Bidang pertanian.
2. Bidang kehutanan.
3. Bidang perkotaan
4. Bidang perairan
     Dalam presentasi disebutkan salah satu aspek terapan pada bidang perkotaan yaitu “Hutan Kota Pemukiman” yang dimaksud adalah membangun hutan kota di daerah pemukiman yang dimaksudkan untuk menangkal dan mengurangi polusi udara yang ada. Sehingga muncul sebuah pertanyaan dari salah satu audiens, yaitu “Bagaimana cara membangun hutan kota ditengah pemukiman yang jelas-jelas padat penduduknya. Apakah kita harus menggusur warga tersebut atau bagaimana?”
     Pertanyaan tersebut telah dijawab oleh pemateri yang menyatakan bahwa kita tidak perlu menggusur daerah pemukiman tersebut karena kita bisa menanam bunga-bunga yang ditanam didalam pot yang kehadirannya tidak akan mengganggu warga.
      Menurut saya, pendapat pemateri mengenai tidak perlu menggusur warga sudah tepat, namun saya kurang setuju dengan alasannya. Karena penggunaan tanaman bunga (tanaman hias) tidak bisa bekerja secara optimal untuk mengurangi dan menangkal polusi udara yang ada. Kita kembali ke konsep awal, bahwa hutan kota tidak harus dalam bentuk blog, hutan kota tidak memungkinkan berada di areal luas sehingga dapat dibangun pada berbagai penggunaan lahan. Jadi, untuk membangun sebuah hutan kota pemukiman, kita lihat terlebih dahulu jenis pemukiman yang bagaimana yang akan dibangun sebagai hutan kota. Jika jenis pemukiman tersebut merupakan perkampungan, maka kita bisa menanam jenis tanaman yang bisa ditanam dikebun/halaman. Biasanya jenis tanaman tersebut seperti pohon mangga, rambutan, belimbing,  dll (jenis pohon yang dapat menghasilkan buah). 
Namun, jika pemukiman tersebut merupakan sebuah perumahan, maka kita bisa menanam pohon seperti palem, Cordia sebestena, Bauhinia purpurea, Alstonia scholaris, Polyalthia Longifolia, dll  yang diletakkan di pinggiran jalan dengan tata letak yang sesuai. Seperti yang tertera di gambar dengan tanaman jenis Palmaceae.
(Tata letak penanaman pohon di daerah Perumahan)


Kelompok 2 "TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN"

     Dari penjelasan/presentasi yang sudah dilakukan kelompok 2, saya bisa menyimpulkan bahwa tumbuhan dalam lingkungan merupakan semua faktor biotik dan abiotik yang potensial mempengarui organisme. Lingkungan dapat dibagi menjadi dua yaitu lingkungan makro (Lingkungan berpengaruh secara umum) dan lingkungan mikro (Lingkungan yang dekat dengan tanaman secara potensial berpengaruh terhadap organisme). Selain itu, Lingkungan hidup dari organisme merupakan semua factor biotik dan abiotik yang potensial yang mempengaruhi organisme. Untuk lingkungan biotik dipengaruhi oleh suhu, cahaya, air, dan tanah. Pada biotik dipengaruhi oleh individu, populasi komunitas, dan ekosistem. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar