KELOMPOK
3 (Pengaruh Cahaya dan Suhu Terhadap Proses pertumbuhan Tanaman)
Dari
presentasi kelompok ini, salah satu audiens menjelaskan bahwa suhu merupakan faktor
lingkungan yang dapat berperan secara langsung maupun tidak langsung terhadap
organisme hidup misalnya saja pada proses pertumbuhan
tumbuhan. Sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa cahaya sangat berperan penting sebagai sumber energi utama
bagi semua ekosistem. Pada tumbuhan cahaya berperan
sebagai fotoperiodism, fotoenergetic, fotomorfogenesis, dan
fototropisme. Respon
tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran. Lamanya penyinaran
relatif antara siang dan malam dalam 24 jam akan mempengaruhi fungsi dari
tumbuhan secara luas. Berdasarkan panjang hari, tumbuhan dapat dibedakan
menjadi empat macam, yaitu Tumbuhan
hari panjang, Tumbuhan
hari pendek, Tumbuhan
hari sedang, dan Tumbuhan
hari netral.
Dalam diskusi kelompok 3, pemateri memberi kesempatan pada audiens untuk bertanya sebanyak 3 pertanyaan, yang pertama
menanyakan tentang hubungan warna tanah dengan lama penyinaran. Kemudian dari pemateri menjawab bahwa semakin terang
warna tanah maka semakin lama waktu penyinaran artinya banyak panas yang
dipantulkan kembali, sedangkan semakin gelap warna tanah maka semakin banyak
panas yang diserap kedalam tanah. Pertanyaan kedua menanyakan
tentang poikilotermik dan steinotermik, penanya meminta pemateri untuk menyajikan contohnya dari jenis tumbuhan, karena pemateri telah memberikan contoh dari jenis hewan. Dalam diskusi ini, presenter tidak mampu menjawab lebih rinci dan memberikan contoh yang bisa diterima oleh audiens. Pertanyaan ketiga menanyakan
tentang organ apa yang dimiliki tumbuhan sehingga bisa menanggapi respon fotoperiodisme?. Kelompok
presenter menjawab organ yang berperan adalah daun.
Kelompok 4 (Atmosfer dan Air, Lingkungan abiotik Yang Mempengaruhi Ekologi Tumbuhan)
Dari hasil diskusi dan materi yang telah disampaikan oleh kelompok 4 saya dapat menyimpulkan Lapisan atmosfer merupakan campuran dari gas-gas yang tidak tampak dan tidak berwarna. Pada lapisan atmosfer terbagi menjadi 5, yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Exsosfer.
Dari hasil diskusi dan materi yang telah disampaikan oleh kelompok 4 saya dapat menyimpulkan Lapisan atmosfer merupakan campuran dari gas-gas yang tidak tampak dan tidak berwarna. Pada lapisan atmosfer terbagi menjadi 5, yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Exsosfer.
Secara
umum air digolongkan ke dalam 2 jenis yaitu :
1. Air
tanah ( ground water ) adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah dan
tidak dapat dilihat secara langsung. Air tanah ditemukan pada lapisan akifer
yaitu lapisan yang bersifat porous (mampu menahan air) dan permeable (mampu
memindahkan air)
2. Air permukaan (surface water), adalah air yang terdapat di atas permukaan bumi dan tidak terinfiltrasi ke dalam bumi.
2. Air permukaan (surface water), adalah air yang terdapat di atas permukaan bumi dan tidak terinfiltrasi ke dalam bumi.
Dalam diskusi kelompok 4 terdapat 3 pertanyaan, yaitu pertanyaan
pertama menanyakan tentang pengaruh siklus hidrologi terhadap ekosistem.
Kemudian pertanyaan ini dijawab oleh salah satu presenter yang mengemukakan bahw siklus hidrologi merupakan siklus air yang tidak
pernah berhenti, dalam hal ini air ada yang masuk kedalam tanah dan ada yang
dipermukaan tanah. Jika air yang ada dipermukaan tanah terlalu berlebihan ataupun sedikit, maka akan menyebabkan rusaknya ekosistem. Pertanyaan kedua salah satu audiens menanyakan
tentang mengapa ada musim hujan dan musim kemarau. Kemudian dari kelompok
presenter menjawab bahwa hal tersebut dijelaskan karena adanya factor angin
yang membawa gumpalan awan. Sehingga awan yang terbentuk pada suatu daerah
belum tentu akan menurunkan hujan pada daerah yang sama. Kemudian salah satu audiens menambahkan bahwa cuaca dipengeruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Pertanyaan ketiga yaitu
pengaruh atmosfer yang berongga (bolong) terhadap tumbuhan. Kelompok presenter menjawab
dalam hal ini atmosfer tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja, melainkan
ada lima
lapisan. Jadi jika disebutkan atmosfer bolong maka tidak berarti semua lapisan
atmosfer yang ada mengalami kebocoran, mungkin hanya salah satu lapisan saja,
sehingga tidak berdampak secara langsung pada pertumbuhan tumbuhan.
NB : Menurut saya pihak presenter dari kelompok 3 dan 4 kurang begitu menguasai materi, sehingga penyampaian materi kurang dan belum bisa diterima audiens secara maksimal. Selain itu, kelompok 3 dan 4 terlalu banyak membaca makalah ataupun power point saat presentasi sehingga menimbulkan kejenuhan pada audiens. Terima kasih. .........^_^.........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar