Minggu, 18 Desember 2011

Hasil Refleksi Kelompok 3 dan 4


KELOMPOK 3 (Pengaruh Cahaya dan Suhu Terhadap Proses pertumbuhan Tanaman)
     Dari presentasi kelompok ini, salah satu audiens menjelaskan bahwa suhu  merupakan faktor lingkungan yang dapat berperan secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisme hidup misalnya saja pada proses pertumbuhan tumbuhan.  Sehingga saya bisa menyimpulkan bahwa cahaya sangat berperan penting sebagai sumber energi utama bagi semua ekosistem. Pada tumbuhan cahaya berperan sebagai  fotoperiodism, fotoenergetic, fotomorfogenesis, dan fototropisme. Respon tumbuhan terhadap intensitas cahaya dan panjang penyinaran. Lamanya penyinaran relatif antara siang dan malam dalam 24 jam akan mempengaruhi fungsi dari tumbuhan secara luas. Berdasarkan panjang hari, tumbuhan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu Tumbuhan hari panjang, Tumbuhan hari pendek, Tumbuhan hari sedang, dan Tumbuhan hari netral.
     Dalam diskusi kelompok 3, pemateri memberi kesempatan pada audiens untuk bertanya sebanyak 3 pertanyaan, yang pertama menanyakan tentang hubungan warna tanah dengan lama penyinaran. Kemudian dari pemateri menjawab bahwa semakin terang warna tanah maka semakin lama waktu penyinaran artinya banyak panas yang dipantulkan kembali, sedangkan semakin gelap warna tanah maka semakin banyak panas yang diserap kedalam tanah. Pertanyaan kedua menanyakan tentang poikilotermik dan steinotermik, penanya meminta pemateri untuk menyajikan contohnya dari jenis tumbuhan, karena pemateri telah memberikan contoh dari jenis hewan. Dalam diskusi ini, presenter tidak mampu menjawab lebih rinci dan memberikan contoh yang bisa diterima oleh audiens. Pertanyaan ketiga menanyakan tentang organ apa yang dimiliki tumbuhan sehingga bisa menanggapi respon fotoperiodisme?. Kelompok presenter menjawab organ yang berperan adalah daun.

Kelompok 4 (Atmosfer dan Air, Lingkungan abiotik Yang Mempengaruhi Ekologi Tumbuhan)
Dari hasil diskusi dan materi yang telah disampaikan oleh kelompok 4 saya dapat menyimpulkan Lapisan atmosfer merupakan campuran dari gas-gas yang tidak tampak dan tidak berwarna. Pada lapisan atmosfer terbagi menjadi 5, yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Exsosfer.
Secara umum air digolongkan ke dalam 2 jenis yaitu :
1. Air tanah ( ground water ) adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah dan tidak dapat dilihat secara langsung. Air tanah ditemukan pada lapisan akifer yaitu lapisan yang bersifat porous (mampu menahan air) dan permeable (mampu memindahkan air)
2. Air permukaan (surface water), adalah air yang terdapat di atas permukaan bumi dan tidak terinfiltrasi ke dalam bumi.
Dalam diskusi kelompok 4 terdapat 3 pertanyaan, yaitu pertanyaan pertama menanyakan tentang pengaruh siklus hidrologi terhadap ekosistem. Kemudian pertanyaan ini dijawab oleh salah satu presenter yang mengemukakan bahw siklus hidrologi merupakan siklus air yang tidak pernah berhenti, dalam hal ini air ada yang masuk kedalam tanah dan ada yang dipermukaan tanah. Jika air yang  ada dipermukaan tanah terlalu berlebihan ataupun sedikit, maka akan menyebabkan rusaknya ekosistem. Pertanyaan kedua salah satu audiens menanyakan tentang mengapa ada musim hujan dan musim kemarau. Kemudian dari kelompok presenter menjawab bahwa hal tersebut dijelaskan karena adanya factor angin yang membawa gumpalan awan. Sehingga awan yang terbentuk pada suatu daerah belum tentu akan menurunkan hujan pada daerah yang sama. Kemudian salah satu audiens menambahkan bahwa cuaca dipengeruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur. Pertanyaan ketiga yaitu pengaruh atmosfer yang berongga (bolong) terhadap tumbuhan. Kelompok presenter menjawab dalam hal ini atmosfer tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja, melainkan ada lima lapisan. Jadi jika disebutkan atmosfer bolong maka tidak berarti semua lapisan atmosfer yang ada mengalami kebocoran, mungkin hanya salah satu lapisan saja, sehingga tidak berdampak secara langsung pada pertumbuhan tumbuhan.

NB : Menurut saya pihak presenter dari kelompok 3 dan 4 kurang begitu menguasai materi, sehingga penyampaian materi kurang dan belum bisa diterima audiens secara maksimal. Selain itu, kelompok 3 dan 4 terlalu banyak membaca makalah ataupun power point saat presentasi sehingga menimbulkan kejenuhan pada audiens. Terima kasih. .........^_^.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar